Genigunungpati’s Blog

Hanya sebuah Blog dari Cah gunungPati

MbolangerS Siguntang

Uhuiiii hari ini merupakan hari terakhir Diklat… 11 hari sudah hari hari yang menyenangkan.. baca= melelahkan dan serba terikat aturan diklat hehehe…
Setelah penutupan segera atur jadwal yg singkat karena besok harus sudah terbang ke pangkalpinang jam 8 pagi…
Di palembang mau kemana lagi yaa selain Jembatan Ampera dan benteng kuto besarnya…

image

Hemm tiba-tiba dapat bisikan ghaib untuk pergi ke makam para leluhur sriwijaya serius ini hehehe lokasi tepatnya di Bukit Siguntang tidak jauh dari balai diklat kemenag malahan…

Di bukit siguntang inilah lokasi paling sejuk seantero kota palembang kayaknya… biarpun tidak tinggi namun banyak kita jumpai pepohonan yang rindang dan sudah berumur puluhan dan ratusan tahun…
Dengan banyak ditemukannya peninggalan purbakala serta archa budha setinggi 2 meter lebih maka bukit siguntang ini dahulunya diperkirakan tempat beribadah dan pemujaan agama Budha,namun arca itu sendiri sudah di pindahkan ke museum kesultanan palembang dekat dengan benteng kuto besar..

image

Selain itu di bukit siguntang banyak kita temui Makam atau mungkin juga petilasan raja SRIWIJAYA2 dan para pengikutnya… Namun kebenaran khlo itu makam masih diperdebatkan juga…
Btw di sini aku berjumpa dengan Nenek juru kunci makam beliau sudah berumur kurang lebih 70thn namun masih sangat fasih untuk menceritakan sejarah kerajaan Sriwijaya dan kaitannya dengan Kerajaan Mataram Kuno yang ada di jawa tengah dan Majapahit serta sang Maha Patih GadjahMadanya…

image

image

Cukup lama saya mendengarkan cerita beliau dengan tertariknya.. tambah 1 lagi pengetahuanku tentang sejarah masa lampau Indonesia meskipun kebenarannya masih perlu dikaji lagi,setidaknya kita harus bersyukur masih ada beliau yg secara tulus ikhlas menjaga kelestarian benda cagar budaya kita…
Akhirnya aku harus segera menyudahi kunjunganku di bukit siguntang ini…
Semoga suatu saat bisa kembali lagi disini cee u next time…

image

Mei 16, 2014 Posted by | ceritaku, jalan-jalan, Uncategorized | Tinggalkan komentar

Observasi SMAN SUMSEL “SAMPOERNA ACADEMY”

Haiii kali ini kita akan menuju sebuah sekolah yang akan menjadi model sekolah bertaraf internasional di sumatera bagian wilayah selatan….
SMAN SUMATERA SELATAN atau yg dikenal SMAN Sampoerna… kenapa bisa disebut seperti itu ternyata biarpun sekolah ini berstatus Negeri tetapi pembiayaannya sebagian besar ternyata disokong oleh Sampoerna academy, tahu kan Itu perusahaan apa yaak itu punyanya pabrik rokok sampoerna kok bisa yaah 😰

Anyway sekolah ini gede banget bujubuneng ada beberapa gedung Asrama dan gedung pembelajaran… total ada 8 gedung yg kami kunjungi, salah satunya gedung khusus untuk LABORATORIUM,PERPUSTAKAAN, TEATHRE dsb… 😥

image

image

image

Dan yang bikin kaget salah satunya ternyata kepala sekolahnya masih berumur 30an tahun lalu sekolah bertaraf internasional ini masih konsen dengan pendidikan keagamaannya terbukti dengan keaktifan ROHIS nya… Alhamdulillah gak seperti sekolah internasional di tetangga sebelah JIS itu 😧
Hehee semua biaya sekolah di tanggung oleh pihak SMAN SUMSEL ini… yups semua biaya GRATIS… hebat kan…
Oh ya betah saya di perpustakaannya soalnya kayak di gramedia Koleksi bukunya… hahaha
Semoga di kunjungan ini ada manfaatnya untuk di bawa ke madrasah kami… hehehe 😅

Mei 14, 2014 Posted by | Uncategorized | Tinggalkan komentar

Bangka Botanical Garden “Lagi

image

Setelah lelah mencari sekolahan untuk kedua permata hati kami,maka langsung aja kami mencari tempat yang enak untuk sekedar melepas lelah… karena merasa jenuh dan bosan khlo cuman jalan ke MALL halah emang ada yaa mall di pangkalpinang hahaha….
Langsung aja si sulung kami Nafisah bilang ‘yaah ke BBG aja kangen lihat sapi’ hahaha 😅 okelah setuju kita ke BBG aja
Disana kami cuman duduk2 aja di pondokan tepi danau sambil keliling seputar danau sambil jepret sana sini n gak sampai masuk ke dalam2nya… soalnya Puanas Bangeet… 😇
Tapi memang menurutku di BBG inilah destinasi wisata murah meriah di pangkalpinang mana tempatnya enaak n uapiiik buat memanjakan mata, apalagi khlo udah musim panen Buah Naga nya… hehehe
Dan ini sedikit jepretan di BBG tadi….

image

Y

image

image

Yaa di pondokan itu lah kami nongkrong…juga disediakan tempat untuk bakaran ikan juga loh…
Ayooo main ke BBG 🙂

SSSTT lama gak update soale lupa password 😥

Maret 6, 2014 Posted by | Uncategorized | Tinggalkan komentar

kedua bidadari kecil ku

image

setelah lamaaaaaaa gak pernah nengok ini blog akhir inget juga apa password… terakhir aku mencorat-coret ini blog saat kelahiran putri ke duaku….

alhamdulillah akhirnya bisa corat – coret lagi dengan di awali perkenalan n penampakan gambar kedua bidadari kecilku ini….
NAFISAH & HANIFAH
saat ini mereka berdua lah yang menjadi penyemangat hari2 ku….

semoga setelah postingan malam ini akan menjadikan awal postingan2 berikutnya…..

Oktober 15, 2012 Posted by | Uncategorized | Tinggalkan komentar

bencana datang silih berganti

sungguh hati terasa sangat sesak setelah beberapa hari ini setiap saat mata dan kepala di jejali oleh berita-berita bencana yang terjadi di negara tercinta ini…
mulai dari bencana banjir bandang wasior, bencana gempa dan tsunami lalu bencana meletusnya merapi…
setiap kali mendapatkan kabar uptodate diriku hanya bisa ngelus dada n beristighfar saja sambil berpikir kenapa hal ini bisa terjadi bertubi-tubi..?!!
lalu sejenak aku mencari tahu apa penyebabnya bila di lihat atau dibaca melalui ilmu nalar dan secara ilmu agama…

khlo kata ustadz dan Al-Quran itu berarti tanda2 dunia sudah tua dan terlalu penuh dengan dosa2 sehingga ALLAH SWT menimpakan adzab terhadap penduduk negeri itu…

tapi khlo kata para pakar geografi dan sejenisnya karena itu adanya pergerakan lempeng2 di bawah bumi dan adanya siklus dari tahun sampai siklus ratusan tahun…

yang benar yang mana yaaa, jadi bingung…

tapi khlo kagak salah ingat di Al-Quran ada ayat yang menyatakan bahwa gunung dan tanah itu juga berdzikir dan berjalan…”khlo ada yg tahu bunyi ayat yg sebenernya kasih tahu ya..” naah itu berarti kata2 n pemikiran para ahli sejalan dengan bunyi di ayat Al-Quran tersebut sehingga terjadilah gempa bumi dan meletusnya gunung2 berapi…

kemudian masalah dosa manusia yang mendiami negeri tersebut mungkin memang sudah terlalu akut sehingga pas parah2nya dosa tersebut memang bertepatan dengan datangnya bencana itu…

ini menurut pemikiranku loh…soalnya banyak kisah2 di Al-Quran, Al-kitab dan lain2 yang menceritakan bagaimana sebuah negeri di Adzab ALLAH SWT ketika negeri tersebut sudah terlalu banyak dosa…
apakah bener pemikiran ku ini… Wallahu’alam bi showab…

Oktober 28, 2010 Posted by | Uncategorized | Tinggalkan komentar

aduuuh udah lama mati suriii….

sudahhh berapa abad aku tidak pernah ngoret-oret ini blog ya….
maafkan diriku ini, yang mungkin sudah lama tidak memperhatikanmu…
dengan alasan yang sungguh klasik, terlalu sibuk lah, tidak ada ide lah atau karena keterbatasan koneksi….

huff tapi aku berjanji untuk kedepannya aku akan lebih memperhatikan mu….
saat ini aku sedang menyiapkan beberapa amunisi…
seperti TNI yang sedang ber Ulang tahun di hari ini…
dengan 7 (tujuh) sukhoi nya akan mengisi langit2 indonesia raya…

semoga tidak lama lagi halaman-halaman mu akan penuh kembali dengan:
CORETAN-CORETAN KATHROK….

semoga…….

Oktober 5, 2010 Posted by | Uncategorized | 4 Komentar

1/2 Mumet

wong 1/2 mumet

hari ini ku lalui sebagian waktu dengan berjalan seperti orang yang sedang linglung ” 1/2 Mumet” lah gimana ndhak kayak orang mumet, dari jam 8 pagi aku dah keluar dari balai diklat keagamaan palembang di daerah macan kumbang naek bis menuju ke arah jalan Kol.atmo…

PTC dari halte bis trans musi

disini ku mondar-mandir sampai ke arah pasar 16 palembang yang melegenda sampai di bangka belitung..di situ cuman nengok bangunannya aja abis itu kembali berjalan ke jalan kol.atmo lagi nyari toko buku gramedia,alhamdulillah ketemu n masuk trus beli buku habis itu kembali berjalan kaki nyari agen-agen tiket bis yang menuju ke jawa…eeh setelah ketemu bukannya nanya-nanya malah lngsung keluar n menuju ke toko tas eiger disana beli ikat pinggang baru hehehehemaklum ikat pinggang yang selalu setia menemaniku sudah berumur 9 tahun juga merek eiger…

habis dari eiger langsung nyari maem di IP atau internasional plaza n sekalian di sini aku nyari parfum n kaos dalam serta kaos kaki, habis dari IP langsung jalan ke arah masjid agung lalu naek bis ke arah bukit besar dan setelah di bukit besar naek angkot lagi entah ke jurusan mana, eh tahu-tahu nyampe ke arah PTC atau “palembang trade centre” tapi disini aku gak masuk…begitu turun dari angkot aku langsung menyeberang n naik ke halte TRANS MUSI atau khlo di jakarta biasa di sapa BUS WAY…setelah naek bis masih mumet juga ini bis menuju kemana yah ehh gak tau nya menuju ke arah bukit besar lagi…

ya udah aku turun di halte dekat arah menuju PS “Palembang Square”…ke PS aku putuskan jalan kaki aja sesampainya disana aku cari sarung Kamera ku…begitu dapat langsung aku keluar dan segera pulang menuju Balai diklat lagi karena acara pembukaan akan segera di mulai…

khlo dipikir-pikir lama n jauh juga perjalananku hari ini soalnya dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore aku baru sampai ke Balai diklat…

memang khlo lagi 1/2 mumet kadang-kadang aku bisa melakukan hal-hal yang konyol dan nganeh-anehi…hehehehe

sayang waktu berjalan baterai kameranya pas habiss deh…..

demikian laporan singkat ku di hari ini…wakakaakkks

Mei 10, 2010 Posted by | ceritaku, Uncategorized | 5 Komentar

Mandalawangi-Pangrango

Senja ini, ketika matahari turun

Ke dalam jurang-jurangmu

Aku datang kembali

Ke dalam ribaanmu, dalam sepimu

Dan dalam dinginmu

Walaupun setiap orang berbicara

Tentang manfaat dan guna

Aku bicara padamu tentang cinta dan keindahan

Dan aku terima kau dalam keberadaanmu

Seperti kau terima daku

Aku cinta padamu, Pangrango yang dingin dan sepi

Sungaimu adalah nyanyian keabadian tentang tiada

Hutanmu adalah misteri segala

Cintamu dan cintaku adalah kebisuan semesta

Malam itu ketika dingin dan kebisuan

Menyelimuti Mandalawangi

Kau datang kembali

Dan bicara padaku tentang kehampaan semua

“Hidup adalah soal keberanian,

Menghadapi yang tanda Tanya

Tanpa bias kita mengerti,tanpa bisa kita menawar

Terimalah, dan hadapilah”

Dan antara ransel-ransel kosong

Dan api unggun yang membara

Aku terima itu semua

Melampui batas-batas hutanmu

Melampui batas-batas jurangmu

Aku cinta padamu Pangrango

Karena aku cinta pada keberanian hidup

Jakarta 19-07-1966

Soe Hok- Gie

“Puisi diatas sengaja aku kutipkan dalam blog ini, sebuah karya dari seorang anak manusia yang pernah hidup di republik ini.”

Februari 22, 2010 Posted by | Uncategorized | 5 Komentar

Tanjung Pesona

Ini merupakan catatan akhir dari liburan panjang lebaran kemaren… sebelum kembali ke rutinitas yang agak menjemukan otak dan tubuh ini memerlukan sebuah penyegaran dan satu2nya yang bisa aku temukan di pulau Bangka ini adalah PANTAI nya….soalnya khlo sawah dan gunung yang sejuk dan menhijau di sini dak ada…tak ada rotan kayupun jadilah hehehehe….

Baca lebih lanjut

Oktober 9, 2009 Posted by | Uncategorized | 3 Komentar

lompatan…!!!

jump13

hidup ini harus melakukan sebuah lompatan yang besar….

jangan pernah hanya duduk diam di satu tempat atau diam tidak melakukan sebuah gerakan…karena hanya akan menemukan sebuah kejenuhan dan sebuah kebosanan, yang jelas kita akan selalu menjadi sesosok orang yang seperti itu-itu saja…tanpa variasi dan tanpa makna.. Baca lebih lanjut

Februari 12, 2009 Posted by | ceritaku, Uncategorized | 16 Komentar