Genigunungpati’s Blog

Hanya sebuah Blog dari Cah gunungPati

MbolangerS Siguntang

Uhuiiii hari ini merupakan hari terakhir Diklat… 11 hari sudah hari hari yang menyenangkan.. baca= melelahkan dan serba terikat aturan diklat hehehe…
Setelah penutupan segera atur jadwal yg singkat karena besok harus sudah terbang ke pangkalpinang jam 8 pagi…
Di palembang mau kemana lagi yaa selain Jembatan Ampera dan benteng kuto besarnya…

image

Hemm tiba-tiba dapat bisikan ghaib untuk pergi ke makam para leluhur sriwijaya serius ini hehehe lokasi tepatnya di Bukit Siguntang tidak jauh dari balai diklat kemenag malahan…

Di bukit siguntang inilah lokasi paling sejuk seantero kota palembang kayaknya… biarpun tidak tinggi namun banyak kita jumpai pepohonan yang rindang dan sudah berumur puluhan dan ratusan tahun…
Dengan banyak ditemukannya peninggalan purbakala serta archa budha setinggi 2 meter lebih maka bukit siguntang ini dahulunya diperkirakan tempat beribadah dan pemujaan agama Budha,namun arca itu sendiri sudah di pindahkan ke museum kesultanan palembang dekat dengan benteng kuto besar..

image

Selain itu di bukit siguntang banyak kita temui Makam atau mungkin juga petilasan raja SRIWIJAYA2 dan para pengikutnya… Namun kebenaran khlo itu makam masih diperdebatkan juga…
Btw di sini aku berjumpa dengan Nenek juru kunci makam beliau sudah berumur kurang lebih 70thn namun masih sangat fasih untuk menceritakan sejarah kerajaan Sriwijaya dan kaitannya dengan Kerajaan Mataram Kuno yang ada di jawa tengah dan Majapahit serta sang Maha Patih GadjahMadanya…

image

image

Cukup lama saya mendengarkan cerita beliau dengan tertariknya.. tambah 1 lagi pengetahuanku tentang sejarah masa lampau Indonesia meskipun kebenarannya masih perlu dikaji lagi,setidaknya kita harus bersyukur masih ada beliau yg secara tulus ikhlas menjaga kelestarian benda cagar budaya kita…
Akhirnya aku harus segera menyudahi kunjunganku di bukit siguntang ini…
Semoga suatu saat bisa kembali lagi disini cee u next time…

image

Mei 16, 2014 Posted by | ceritaku, jalan-jalan, Uncategorized | Tinggalkan komentar

Palembang “again n again”

image

Akhirnya setelah terakhir diklat di BDK Palembang tahun 2010 aku kembali menghuni selama 11 hari di BDK Palembang….
Judulnya agak serem Diklat Tata Usaha Madrasah hahaha kenapa seram karena kali ini sesuai dengan bidang kompetensi ku…. setelah 3 tahun di madrasah akhirnya bisa mengikuti diklat yang sesuai….
Dan yang bikin aku lebih semangat karena diklat karena ini bertepatan ada pilem bagus AMAZING SPIDERMAN wahahaha…..
Pokoknya semoga bisa semangat lah ikut diklat kali ini…..  :mrgreen:

image

SEMANGAT….!!!

Mei 6, 2014 Posted by | ceritaku, jalan-jalan | Tinggalkan komentar

Pasir Padi saat ini….

Setelah sekian lama akhirnya kami jalan ke pantai pasir padi lagi…. dan ternyata sudah semakin banyak perubahan…
Mulai adanya gundukan beton pemecah ombak yang terpampang dengan jelas di depan mata, yang menurutku sangat mengurangi kenikmatan kita saat memandang laut lepas…
Tapi bagaimanapun juga gundukan beton itu diperlukan juga sih untuk mengurangi terjadinya erosi atau abrasi pantai yaa lupa dah aku….
Cuman metode gundukan beton itu akan efektif menanggulangi atau tidak yaa soalnya berkaitan dengan proyek2 PU itu terkadang hanya asal2an dan terkesan siluman…. hehehehe
Ini sebagian foto2 terkait suasana pasir padi sore kemaren….

image

image

image

Semoga bisa menjadi tombo kangen bagi teman atau saudara yang kangen dengan suasana pasir padi di pangkalpinang

September 9, 2013 Posted by | ceritaku, jalan-jalan, keluarga | Tinggalkan komentar

Ketika bunda liburan

Sebuah kabar gembira aku terima saat aku telpon bundanya NafNif beberapa waktu yang lalu…
“Ayah, bunda ada libur seminggu loh setelah ujian semesteran”… langsung aku jawab “Pulang bund, ne si Naf n Nif dah kangen bangeet” padahal siih bukan hanya anak2 aja yang kangen tapi aku yang dah kuangeeen banget…. hehehe
Setelah deal n tiket udah terbooking,ternyata liburannya bisa di nego n tambah jadi 2 mingguu… Huasyiiiik tenan…
Tgl 14 Feb,yg katanya para ABG ABABIL harinya orang yg kasmaran bundanya NafNif pulang… wuaaah seneng banget dah kami, Alhamdulillah….
Lum ada seminggu kita udah sempet jalan2 dah, meskipun masih seputaran kota pangkalpinang…. seperti di

image

Pantai pasir padi

image

Lalu ke masjid raya tua tunu

image

Pengennya besok sampai ke parai tenggiri atau matras…
Pokokknya selama dua minggu ini harus berkualitas oke….
siiip…..!!!!!

Februari 21, 2013 Posted by | ceritaku, jalan-jalan, keluarga | Tinggalkan komentar

Argo Sindoro

image

Dalam perjalanan pulang menuju bangka belitung kali ini aku pilih salah satunya dengan menikmati goyangan kereta api Argo sindoro…
Sudah lama banget aku gak naik kereta, ntah kenapa tiba2 saja kepikiran untuk menempuh jalur rel. Padahal selisih harga dengan pesawat sriwijaya hanya 100k saja…
Mungkin karena faktor cuaca juga mendukung untuk memilih jalur darat,soalnya beberapa hari ini anginnya sangat ekstrem…
Berikut penampakan gambar tiket keretanya

image

Setelah di atas kereta dan mulai melaju baru tampaklah kelebihan kereta api di bandingkan pesawat… view yang nampak sungguh2 indah apa lagi didukung cuaca ang mendung dan hujan… oh ya perjalanan ini aku laksanakan di tgl 13-01-2013 dan ini merupakan live report hehebe
Berikut penampakan2 view sepanjang jalur semarang- weleri…

image

image

image

image

Suatu saat aku pengen ajak kedua bidadari kecilku untuk naek kereta,sambil menunjukkan betapa negeri yang mereka tinggali ini sungguh sangat-sangat indah… dan dari perjalanan seperti ini semoga bisa menumbuhkan semangat nasionalime…

Argo sindoro,13 januari 2013

Januari 12, 2013 Posted by | ceritaku, jalan-jalan | 1 Komentar

Liburan atau Kabur yaa

salah satu keahlianku adalah dapat mengkondisikan liburqn tanpa ijin yang semestinya…hehehe kabur yang dapat di maklumi….
dengan alasan untuk membeli perlengkapan sekolah seperti TERBANGAN yang memang di pulau bangka susah untuk dapatnya,khlo pun ada harganya sudah Sundul langit itupun dari jenis yg biasa saja…
sebagai perbandingan alat terbangan jenis hadrah di pangkalpinang seharga 950ribu terbuat dari kayu mangga dan ujuran yg 30-40cm saja…. sedangkan di semarang sudah dapat yg super tuh..hehehe belum lagi aku cari baju seragam olah raga untuk siswa/i madrasah kami yg kebetulan memang kami GRATISKAN selisih per pcs nya bisa 20rb sendiri…

alhamdulillah semua sudah dapat terbeli pada hari pertama di semarang… selanjutnya bisa jalan2 dengan istri yg kebetulan kuliah lagi di UNDIP…. liburan yg bermanfaat semoga…

image

image

Oktober 22, 2012 Posted by | jalan-jalan | Tinggalkan komentar

Taman Rusa di kota pangkalpinang

selama beberapa hari ini diriku punya sebuah kesibukan baru, yakni setiap sore mengajak si kecil nafisah ke taman kantor PT TIMAH yang di sulap menjadi kandang / Taman Rusa…

memang sudah agak lama sih taman itu berubah menjadi taman rusa, cuman di buka untuk umumnya baru- baru saja setelah ada renovasi pintu gerbang dan pengaspalan ulang jalan akses ke taman itu…

setelah di buka untuk umum warga pangkalpinang terutama yang memiliki anak kecil memiliki alternative hiburan n tempat wisata yang memang sangat minim tersedia, contohnya seperti aku n nafisah ini yg akhir – akhir ini hampir setiap sore mengunjungi taman rusa itu…selain jalan-jalan gratis juga bisa mengenalkan secara dini apa itu yg namanya rusa dan belajar untuk tidak takut serta menyayangi binatang…hehehe

ini ada beberapa pictnya silahkan di lihat ya…

hemm semoga rusa2 itu bisa betah dan bertahan di habitat yang bukan sesungguhnya

aku harapkan para pengunjung tidak akan mengusik dan iseng ke rusa-rusa itu…

sekian…

salam genigunungpati

November 3, 2010 Posted by | jalan-jalan | 2 Komentar

Aksi Anak PanTai di Sungai….

Aaaah kerinduanku pada alunan gemericik air sungai yang jernih dan dingin semakin kuat dan mendesak-desak dada ini, lalu ku ayunkan kaki menjejak pedal gas membelah aspal panas siang itu…ku arahkan setang bundar menuju sebuah pantai di kabupaten bangka induk tepatnya di kota sungailiat, ya pantai matras…

pantai matras

sebuah pantai yang memiliki panorama indah, tapi bukan itu yang ingin kulihat dan kutuju…melainkan ada sebuah mata air jernih dan membentuk sebuah kolam  memanjang layaknya sungai kecil…

airnya jernih dan cukup dingin, sungguh mengundang hati dan badan ini untuk segera merasakan kesegarannya meskipun hanya dengan mencelupkan kaki dan cukup melihat aksi-aksi anak pantai itu…

 

melihat aksi anak-anak tersebut bisa membuat hati ini menjadi ringan dan riang…meskipun kadang sampai deg-degan juga…tapi aku selalu menenangkan hati aahhh gak masalah toh mereka memang anak-anak alam yang sudah terlatih dan teruji… tak terasa hari pun menjelang sore dan sudah waktunya untuk segera kembali ke kota pangkalpinang…

tapi sebelumnya silahkan lihat aksi dan ekspresi lepas mereka….

 

 

 

semoga suatu saat nanti aku bisa menikmati lagi suasana gemericik air sungai di tengah hutan nan sejuk di KALI SIDI atau di NGELIMUT GONOHARJO…hehehehe….

November 1, 2010 Posted by | jalan-jalan | 2 Komentar

PANTAI BANGKA

ini adalah secuil gambar pantai di bangka….mumpung lagi liburan lebaran…silahkan di nikmati ajah…

pasir padi pangkalpinang

1

senja di ketapang

pantai tanpa nama

Bagaimana, ini baru sebagian yang aku upload….
Pantai di bangka memiliki karakteristik berupa hamparan pasir putih dan sebagiannya memiliki kontur bebatuan yang sangat unik…. seperti yang terlihat di filmnya LASKAR PELANGI dan foto2 di samping….

ada yang berminat kesini, bisa hubungi saya nanti akan saya antar keliling2 selama ada waktu….itu pasti….

transportasi menuju pulau bangka sangat gampang kok, dari jakarta langsung aja ke bandara sukarno hatta bisa naek sriwijaya air, batavia air, mandala air, lion air atau garuda…..dan harga tiketnya murah kok selama tidak bebarengan dengan hari libur anak sekolah, taon baru,lebaran atau natalan…..

AYOOOO SIAPKAN DIRI ANDA UNTUK EKSPLORASI PANTAI2 di BANGKA BELITUNG

September 26, 2009 Posted by | jalan-jalan | 10 Komentar

LIburaN Telah Tiba…..!!!!!

waaah liburan telah tiba neh….baik anak sekolah,kuliah maupun PNS macam saya (hehehe…:-P) mulai tanggal 25 ini udah bisa agak bersantai karena ada liburan yang cukup panjang sampai tanggal 30 Desember besok…seharusnya aku juga bisa untuk berefreshing, cuman yaa itu mau kemana n mau ngapain bingung aku…kemaren aku ngomong – ngomong sama adek wiwiet dia pengen berliburan / jeng-jeng…tapi ya itu mau kemana..di bangka ini salah satu kendala terbesar untuk kami saya khususnya adalah tiadanya tempat yang menarik untuk sekedar berwisata..pilihannya sangat sedikit paling cuman berbagai macam pantai n pemandian air panas Pemali saja…apakah ada tempat yang lain…mungkin saja ada,karena aku pun belum terlalu melakukan eksplorasi tempat-tempat yang menarik di sekitaran pulau bangka ini…. Baca lebih lanjut

Desember 30, 2008 Posted by | jalan-jalan | 2 Komentar