Genigunungpati’s Blog

Hanya sebuah Blog dari Cah gunungPati

bUAh simalaKAma

sejenak aku meluangkan waktu untuk melepaskan uneg-unegku,ada beberapa hal aku anggap aneh terjadi di sebuah propinsi yang aku tempati saat ini..dan yang paling baru adalah saat malam tadi dengan mata kepalaku sendiri aku melihat sebuah kegiatan yang menurut aku sangat ganjil dan tidak sepantasnya terjadi, apakah itu???…silahkan di baca n lebih di cermati….hehehe

semalam setelah aku posting tulisan “AKHIRNYA” aku pun segera beranjak pulang tapi sebelum itu aku mau mampir ke sebuah warung tuk beli JUICE MELON n TOMAT titipan kawan sekontrakanku, karena memang malam itu udara di toboali sangat puanas bin sumuk..dalam perjalanan yang santai dengan kharisma ku melenggang eh tiba-tiba mataku tertuju pada sebuah keramaian,ada apa gerangan yah??? karena penasaran aku pun melajukan kharisma ke keramaian itu, waaah ternyata ada sebuah pesta yang terbilang besar dan mewah,dengan beberapa tenda yang terbalutkan kain berwarna-warni disertai sebuah panggung pertunjukkan yang cukup besar kira2 setinggi 2 meteran lah lengkap dengan peralatan band dan penyanyinya ada beberapa..bagi ukuran di daerah kami hal itu sudah merupakan sebuah panggung mewah apa lagi ketika aku perhatikan biduanitanya ada sekitar 5 orang,masih muda dan cantik-cantik pula yang tidak kalah hebohnya mereka menggunakan pakaian yang amat seksi..sebagaian malah kelihatan ‘maaf’ udelnya “pusar”
hemm suasana sangat ramai dan meriah pada awalnya aku kira ini adalah pesta pernikahan, tapi sewaktu aku tanya ke salah seorang penonton ternyata salah perkiraan ku ternyata itu hanya pesta ulang tahun salah satu pengusaha di toboali….’ hanya ‘ ck..ck… luar biasa menurutku pesata ulang tahun saja sangat mewah seperti itu…dan aku tengok di beberapa tempat tampak terjadi sebuah kesibukan yang luar biasa, banyak bapak polisi yang mengatur arus lalu lintas di sekitar lokasi pesta itu, tentu saja repot bapak-bapak polisi itu lha antara tenda untuk menjamu undangan itu dengan panggung hiburannya di pisahkan oleh sebuah jalan protokol yang membelah kota toboali ini, bisa di bayangkan tentunya gimana arus lalulintas disana….

karena aku rasa udah cukup puas ku tengok suasana itu dari jauh lalu akupun berniat berlalu saja dari tempat itu, cuman aku pengen melintasi suasana di depan panggung itu mau liat aksi penyanyi2 itu dari jarak yang lebih dekat lagi hehehehe..n setelah mendekat aku sengaja juga menengok ke arah tenda jamuan undangan,tiba-tiba aku tersentak kaget begitu melihat apa yang tersaji di depan mataku….

di bawah tenda jamuan itu terdapat beberapa kursi yang penuh di duduki undangan serta meja-mejannya..nah di atas meja itu ada sajian makanan2 kecil dan hidangan yang entah apa isinya namun yang terlihat jelas di mataku di setiap meja terdapat berbotol-botol minuman keras mulai dari merk bintang,guiness dan columbus serta lainnya..

contoh minuman

contoh minuman

dak habis pikir aku???!!!! karena penasaran aku pun berhenti di depan, kemudian aku melihat ada seorang bapak polisi yang tengah agak santai langsung aja ku jalan ke sana dan aku ajak dia ngobrol..langsung aja ku tanya ma bapak polisi itu “pak kok di pesta itu ada minuman kerasnya bahkan terang-terangan” lanjutku “kan minuman keras di larang di daerah kita bahkan beberapa saat yang lalu sempet di adakan razia di toko-toko lah kok di sini mereka minum-minum tanpa ada perasaan takut bahkan di depan aparat“..setelah beberapa saat aku dapat jawaban dari pak polisi itu ” yah bagaimana ya pak, ini merupakan adat dari sebagian etnis yang ada di sini jadi kita toleransi lah” lah kok jawabannya macam itu..lalu dalam hatiku bertanya “bagaimana ini masak ada peraturan yang di langgar oleh karena hanya adat macam itu, jadi percuma dong di satu sisi mereka melakukan razia tapi di satu sisi lain mereka mentolerir di perbolehkannya karena hanya sebuah adat”….mmmhh bagaikan makan buah simalakama ajah….bagai mana bisa pesta yang di laksanakan di tempat umum dan di jaga serta di atur lalulintasnya oleh bapak-bapak polisi itu ada hidangan minuman kerasnya..

padahal aku tengok banyak anak-anak kecil yang juga menenggak minuman itu biarpun tidak terang-terangan…setelah itu pun aku berlalu sambil tetap merasakan ketidak puasan terhadap apa yang aku liat dan alami tadi….

April 30, 2009 - Posted by | gelisahku

2 Komentar »

  1. Jenenge Yen entuk bagian kie ngono hehehhehhe. Jatahe gede nda hehehe

    Komentar oleh Jamal eL Ahdi | Mei 11, 2009

  2. minuman keras sepertinya gak tepat dijadikan alasan sebagai adat…
    kalo gitu, pemabuk-pemabuk dari segala penjuru kota bisa datang ke daerah itu dong, sehingga mereka aman dari kejaran aparat dan bisa minum sepuasnya..

    Komentar oleh italina89 | Mei 15, 2009


Tinggalkan Balasan

