Genigunungpati’s Blog

Hanya sebuah Blog dari Cah gunungPati

kE Palembang

cimg2947

aahh,akhirnya ku tulis jug cerita ini,sebetulnya sudah lama pengen nulisnya cuman yaaa itu gak sempet2…hehehe

pas bulan 11 kemaren aku bersama istriku dapat kesempatan ke palembang,kebetulan aja aku memang ada keperluan kesana untuk ambil sertifikat kelulusan peserta LPJ se BABEL kemaren,naah istriku juga pengen ikut.jadilah kami berdua kesana sekalian berwisata..
kami berdua berangkat pagi hari jam 06.30wib dari pangkalpinang,saat itu pas hujan gerimis n didalam travel kami berdua kedinginan mana duduknya di paling depan lagi,disamping pak sopir yan sedang menyetir mobil….hehehe..iya kami memang harus naek travel dulu soalnya pelabuhan yang menuju palembang tu lewat kota Mentok kab.bangka barat,namanya pelabuhan Tanjung Kelian..tuh pelabuhan bagus banget ada menara mercusuarnya…hemm bahkan si DORCE udah sampai ke atas,kapan yah aku bisa naek..?? soalnya kemaren dak sempet je..

sisi tanjung kelian

sisi tanjung kelian

setelah tiba di pelabuhan tanjung kelian kami pun bergegas untuk melakukan boarding pass,hehehe ternyata gak cuman di pesawat ajah yah…setelah itu kami segera merapat di dermaganya,,eeh kapal bahari express yang akan kami naiki lum datang…ya udah apa boleh buat sambil nunggu tuh kapal kami pun ceklak-ceklek berfoto untuk mengisi waktu…daripada bengong..ohya gerimis udah berganti dengan panas yang “ngentang-ngentang” alias puanas….

istriku sedang bergaya

istriku sedang bergaya

setelah kapal express bahari datang kami pun segera masuk kedalam kabin…walllaaah ini kapal kok udah buruk banget yah…beda ma kapal yang pernah ku naiki dulu waktu LPJ kemaren..agak was-was juga neh..cuman karena ada istriku ku berusaha tenang n gak khawatir..kasian dia khlo ku tegang selama perjalanan..kira2 3 jam lah lama perjalanannya..hampir sepanjang perjalanan istriku tertidur..cuman etelah kita melintasi sungai musi ku bangunkan dia soalnya ada pemandangan menarik..banyak anak2 nelayan sungai itu yang berperahu ke tengah2 sungai n mendekati kapal untuk minta di lemparin duit..”jadi ingat di pelabuhan ketapang n gilimanuk” sayang waktu itu fotonya dak jelas karena kena kaca kapal yang gelap n kotor..

setelah sampai di pelabuhan boom baru palembang kami cari becak tuk menuju kerumah paman kakek di lorong ketapean..eh ternyata paman kakekku itu terkenal lho..begitu ku bilang namanya “Mang Sholeh” ke tukang becak dia langsung tau…hehehe…habis istirahat di rumah plus mandi2..aku ajak istriku jalan2 ke kota jelajah mall n puter2 ampe puseeenk “maklum dah lama dak ke kota besar plus mall” trus kita nonton LASKAR PELANGI…wiiih terharu banget kami,karena dah pengeeen banget nonton tu film,iya biarpun kami tinggal di bumi laskar pelangi tapi gak pernah nonton tu filmna kecuali nunggu VCD/DVD bajakannya..hiks…hiks..kacian yahmaklum di kota or tepatnya di propinsi kami dak ada lagi yang namanya Bioskop baik yang buruk apalagi sekelas 21 theatre..

baru keesokannya aku ajak istriku di Balai Diklat DEPAG palembang untuk ambil sertifikat kami..gak lama sih cuman butuh waktu 2 jam..abis tuh kami pulang dulu kerumah tuk nyimpan sertifikat2 itu ( maklum barang keramat)…nah setelah itu penjelajahan kami lanjutkan..

pertama kami ke benteng kuto besak “BKB” tempatnya di tepian sungai musi,yaah sayang lagi di tutup..tapi dak masalah kita langsung ke museum

halaman depan museum

halaman depan museum

sebelum masuk kita photo2 lagi…cuman gak narsis hahaha

di salah satu koleksi museum

di salah satu koleksi museum

di depan museum

di depan museum

gedung museum ini memang memiliki 2 buah lantai..kayaknya yang lantai satu berfungsi sebagai perkantoran n lantai ke 2 nya baru bener2 museum..tempatnya terawat dan sangat sejuk dan menyenangkan..tapi yang mengejutkan setelah ku berkeliling melihat koleksi yang menceritakan sejarah keSultanan Palembang,ternyata asal-usul kesultanan itu berasal dari kerajaan Demak..hehehe hebat orang demak yah…“waduh aku lupa bawa photo2 di dalam museum nanti kususulin yah”.puas kami keliling museum,tidak ada tarif khusus untuk menikmati koleksi-koleksi itu..cukup mengisi buku tamu n sumbangan sukarela ajah..
setelah itu kami pun menuju Boulevard jembatan ampera yang terkenal ituh….

jembatan ampera tampak dari taman

jembatan ampera tampak dari taman

ini photo masih di dalam taman halaman museum

cimg2951
cimg2956

sore harinya kami singgah dulu di pasar 16 yang terkenal dengan jenis baju n sebangsanya itu..tentu saja istriku sibuk berbelanja,kata dia “murah gila” khlo di bandingin ma harga di pangkalpinang tentunya…lha khlo di bandingin ma pasar johar,klewer ato bringharjo ya masih terbilang mahal…tapi anehnya istriku itu belanja hanya titipan punya orang,dia malah dak belanja sama sekali biarpun udah ku tawarin..

begitu dapat semua belanjaan kita pun pulang naek becak lagi di bawah siraman ujan deras…begitu sampe rumah kita atur keuangan n dirasa masih cukup kita pun cabut lagi malam harinya hehehe pokoke di puas2in dah..kapan lagi bisa jalan2 kayak gini..tujuan utama yah kita mau tengok suasana malam hari di jembatan ampera..

jembatan ampera di malam hari height=”225″ class=”size-medium wp-image-100″ />

jembatan ampera di malam hari

sampai cukup larut kami berada di sana…keesokan harinya pagi2 banget ku udah di pelabuhan boom baru..beli tiket kapal untuk siang harinya..jam 12n rencananya kami pulang kepangkalpinang..sebelum itu aku ma istri nyari Durian…hehehe murah disini seharga 10rb tapi dapat besarrrr buanget..hampi dak habis ku be2 ngabisin tu durian…hampir maboook..

naah itulah sekelumit perjalanan kami ke palembang sebetulnya banyak yang masih ingin kutulis cumann yaah itu LELET BANGET AKSESNYA…

Iklan

Desember 16, 2008 - Posted by | jalan-jalan

4 Komentar »

  1. keren tuh foto sisi tanjung kelilan. komposisinya mantap!

    Komentar oleh bangsari | Desember 17, 2008

  2. kang klo ke palembang ketemu ma sohib jauh kite kang hadi maghfur to …n mpek2 e di kirim mrene to ya ….

    Komentar oleh sastro | Desember 17, 2008

  3. to sastro…

    waah si hadi mah jauh di daerah sekayu masih 2 jam dari palembang

    to bangsar…

    makasih dah mampir

    Komentar oleh genigunungpati | Desember 17, 2008

  4. Waaaahdari foto2 na palembang asyik yah,,,
    pengen juga dunk jaln2 k sana.

    itu pelabuhan mentok bagus juga yah…

    mbak andut2 tumben belanja na buat org smw, kog gak bli bwt diri sndiri juga c..ah…payah

    Komentar oleh yuyun | Desember 20, 2008


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: